Penyebab Kemiskinan

Posted by kkr Selasa, 24 September 2013 0 komentar

Ditulis oleh : Kerja Dalam Rumah

Penyebab Kemiskinan
Penyebab Kemiskinan | Sebenarnya tidak ada orang miskin didunia ini atau bisa disebut jika semua manusia adalah kaya. Kenapa saya katakan demikian, sebab manusia yang lahir adalah pilihan Sang Maha Kaya, dan tentunya setiap insan sudah diberikan kekayaan oleh-Nya untuk mengarungi kehidupan didunia ini. Sampai disini kita semua setuju kan, jika manusia adalah makhluk terkaya dialam semesta ini.

Lalu, disaat perubahan jaman terjadi, perubahan waktu terus menggerogoti umur dunia ini, makin terlihat dan makin jelas, banyaknya orang miskin yang ada didunia ini, apa yang menjadi penyebab kemiskinan? padahal pada awalnya kita adalah makhluk terkaya dan satu-satunya makhluk yang diberikan warisan oleh Sang Pencipta berupa bumi yang luas ini untuk mengelolahnya.

Pada hakikatnya kemiskinan itu terbagi menjadi 3 hal: Miskin Iman, Miskin Pikiran, dan Miskin Harta. Disaat pikiran kita masih kosong, maka pikiran kita diperkaya dengan cara belajar dan mengajari, ketika hati kita masih kosong, diperkaya dulu dengan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dst, dan selanjutnya ketika harta kita kosong, kita diberikan harta, harta yang belum nampak, dan yang harus dijemput dengan berbagai cara yang baik. hehe. Setelah kita memiliki iman, kita harus percaya jika rejeki sudah ditentukan, dan ketika pikiran kita sudah pintar, kita harus berpikir bagaimana menjemput dan mendapatkan harta yang telah ditentukan untuk kita.

Dari sini sebenarnya sudah jelas Apa saja penyebab kemiskinan? 

Penyebab pertama, Tidak adanya iman

Ini yang paling utama sebenarnya. Jika seseorang tidak memiliki keyakinan yang benar, keyakinan yang terarah, sudah dipastikan tidak akan mendapatkan sebuah petunjuk yang baik untuk mendapatkan kesuksesan. Karena iman adalah kunci pertama yang ahrus dimiliki oleh setiap orang dihatinya.

Penyebab kedua, Enggan Belajar

Enggan belajar atau malas untuk belajar adalah penyebab yang paling besar setelah tiadanya iman, karena dengan belajar kita akan semakin tahu, semakin mudah untuk memahami langkah dan arah kita membangun kesuksesan. Belajar bukan hanya disekolah, dirumah, dipesantren melainkan juga bisa belajar dengan memahami alam, memahami diri sendiri. Alhamdulillah pendidikan saat ini lebih muda daripada pendidikan yang ditempuh oleh orang tua dan nenek kita, oleh sebab itu, pergunakan sebaik-baiknya ketika menuntut ilmu. Jika iman adalah sebuah peta, maka ilmu adalah sebuah pelita.

Penyebab ketiga, adalah, miskin itu tidak bersyukur.

Ingat, sesuai yang difirmankan oleh-Nya, jika kita bersyukur, maka akan ditambah nikmatnya. Orang yang tidak pernah bersyukur, maka sudah dipastikan orang itu akan mengalami kemiskinan. Bersyukur memiliki makna yang sangat luas sekali, karena bersyukur itu bukan hanya menerima anugerah melainkan juga harus mendaya-gunakan anugerah tersebut.

Misalkan, kita diberi uang. Dan uang itu kita belikan kue, sebagai rasa syukur, maka kita harus berterimakasih kepada Tuhan dan kepada orang yang memberikan uang itu, dan membagi kuenya dengan teman lainnya. Itu contoh anak TK. Contoh yang lebih besar adalah ketika kita diberikan rejeki, maka kita nafkahkan sebagian rejeki itu kepada yang berhak. :)

Mungkin hanya sebagian itu yang bisa penulis sampaikan, tentang Penyebab Kemiskinan. Semoga bermanfaat. dan Mohon maaf apabila ada salah tutur kata. :)

kesimpulan akhir adalah miskin itu tidak kaya, dan kaya itu bukan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, bukan pula sukses untuk dirinya. Kaya yang sebenarnya adalah memberikan harta sebanyak-banyaknya dijalan yang berkah dan kaya itu mensukseskan orang lain dengan sikap sederhana. Bisa disingkat bahwa sukses adalah kebahagiaan hati dan miskin adalah kegelisahan jiwa. :)


Salam
Kerja Dalam Rumah
Gabung di Fan Page


Artikel Menarik lainnya :

Description
: Penyebab Kemiskinan
Rating
: 4.5
Reviewer
: kkr
ItemReviewed
: Penyebab Kemiskinan

0 komentar:

Posting Komentar